Website Suster SCMM Maria Berbelas Kasih - Provinsi Indonesia

Kata Sambutan Sr. Hermin Buulolo SCMM (Pimpinan Umum SCMM) Pada Pembukaan Rapat Internasional ICB



Dengan gembira saya  bertemu lagi dengan semua peserta pertemuan tahunan kita.  Selamat datang secara khusus bagi mereka yang pada saat ini berada ditengah-tengah kita dan pertama kalinya: Sr.Marie-Jeanne Teuwen, Sr.Joanita Freitas dan Ibu Helen Cross. Saya juga mengucapkan selamat datang kepada suster Paula sebagai Provinsial Brazil. Saya berharap anda merasa betah dalam pertemuan ini dan bersama-sama kita berkontribusi untuk masa depan kongregasi kita. Tentu saja kita merindukan kehadiran suster Barbara Connell, karena satu dan lain hal beliau tak bisa hadir bersama kita. Selamat datang juga kepada para penerjemah, Mirjam sebagai fasilitator dan Karien.sekretaris DPU.

Baru-baru ini saya membaca mantra yang juga mengingatkan saya pada kongregasi kita:
“ Interaksi antara gelap dan terang mengungkapkan keindahan hidup”
Terang dan gelap adalah saling berlawanan namun merupakan kekuatan yang membentuk kesatuan. Tanpa kegelapan tidak ada cahaya dan tanpa cahaya tidak ada kegelapan. 
Dalam beberapa bulan terakhir, ada segala macam kesulitan untuk dibahas dalam dewan umum. Kami berusaha menangani ini sebaik mungkin. Semakin banyak masalah muncul, pikiran menjadi semakin gelap dan gelap dan  berpikir bahwa itu tidak akan berakhir. Penting bagi saya untuk membaca mantra ini sehingga saya secara sadar mencari cahaya.

Gelap dan terang juga memiliki makna pada tingkat abstraksi yang berbeda. Cahaya mewakili bagian-bagian dalam kongregasi kita yang memiliki kekuatan dan kemungkinan untuk meneruskan serta menghidupi  spiritualitas kita. bagian yang berkembang dari dalam keluar. Mereka aktif ditengah masyarakat serta memberi cahaya bagi mereka yang membutukannya.  Dan bagian-bagian yang menua dalam prosesnya akan berakhir. Dimana spiritualitas dialami serta dihidupi secara internal. Yang satu tidak lebih dari yang lain, sebaliknya : yang satu tidak dapat melakukan tanpa yang lain. itu adalah persatuan, yang merupakan ritme kehidupan. Ritme yang memberi harapan.

Dalam beberapa hari mendatang kita akan membicarakan topik yang menjadi perhatian kita sebagai kongregasi. Topik yang terkait dengan bagian dalam proses  penyelesaian dan bagian-bagian  dalam proses konstruksi. Arah terpenting yang harus kita perhatikan adalah masa depan. Masa depan bagi kita semua. Dalam program ini kita akan membicarakan bersama. Kita harus mulai memikirkannya. Dengan cara ini, kita maju selangkah demi selangkah.

Kemudian kita membaca dalam kitab Ayub 14; 14
Bisakah orang mati hidup kembali?
Jika demikian, ini akan memberi saya harapan selama bertahun-tahun perjuangan saya,
dan saya akan dengan sabar menunggu pembebasan kematian.

Harapan memberi hidup. Juga untuk kongregasi kita. Saya yakin bahwa kita memiliki masa depan bersama. Tidak hanya dalam proses penyelesaian, tetapi juga dalam  pembangunan. Dialog dan keterbukaan adalah elemen penting dalam hal ini.  Mari kita mulai  hari ini ...

Pertemuan ini telah disiapkan bersama Karien dan  Mirjam Dirckx. Mirjam akan membimbing kita melalui agenda dalam beberapa hari mendatang. Untuk anggota ICB yang belum pernah bertemu dengan beliau, saya mengundangnya untuk menceritakan sesuatu tentang dirinya sendiri.


Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020. SCMM Provinsi Indonesia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting