Website Suster SCMM Maria Berbelas Kasih - Provinsi Indonesia

HUT 90 TAHUN SD BRUDER I,II,III, SD MARSUDI WIYATA I,II,III DAN SD SANTA ANGELA BANJARMASIN

 

Perayaan syukur HUT ke- 90 tahun SD Bruder I,II,II, SD Marsudi I,II,III dan Santa Angela I,II. Berkaitan dengan perayaan dan peristiwa yang mengagungkan ini, sekolah tersebut memiliki perjalanan dan sejarah yang unik. Adapun sejarah sekolah tersebut yaitu  SD Santa Angela sebelumnya memiliki nama:

Pada Tahun 1933 HCS (Holland Chinese School)

Pada tahun 1933 pater Groen MSF minta bantuan kepada Mgr. Pacificus Bos Uskup Agung Pontianak. Dia mempunyai dua HCS (Holland Chinese School) dan kekurangan tenaga pengajar sehingga lebih dari seratus murid terpaksa ditolak. Demikian permohonan pater Groen MSF kepada Mgr. Bos yang kemudian meneruskannya kepada Pemimpin Umum Kongregasi Bruder MTB Br. Silvester de Maat. Mulanya bruder Pemimpin Umum tidak menanggapi, karena baru saja diputuskan untuk memperkuat kehadiran para bruder MTB di Kalimantan Barat (Dokumen Bruder MTB Pontianak).

Pada tahun 1935-1990 dikelola oleh Bruder Maria Tak Bernoda (SD Bruder I,I,III).

Pimpinan Bruder MTB dan para Brudernya dengan refleksi dan pertimbangan yang matang akhirnya pemimpin umum memutuskan  untuk mengutus beberapa bruder ke Banjarmasin. Para Bruder MTB yang diutus tiba pada pesta Santo Fransiskus Asissi, 4 Oktober 1935. Bruder-bruder tersebut antara lain  Br. Maternus tiba di Banjarmasin bersama Br. Mauritius, Br. Libertus Hoppenbrouwers, Br. Honoratus de Meester dan Br. Placidus. Komunitas Bruder MTB ini dibawah pimpinan Br. Maternus akan mengembangkan sekolah HCS St. Yosef  (SD RK St. Yosef) yang didirikan oleh para pastor MSF. Perkembangan selanjut oleh Bruder dinamai sekolah SD tersebut SD Bruder I, II, dan III.

Secara umum boleh dikatakan bahwa karya-karya pendidikan yang dirintis selama tahun lima puluhan berkembang sangat baik sampai tahun enam puluhan namun pada dasawarsa berikut muncul sejumlah kesulitan yang sulit teratasi. Kerugian material akibat musibah kebakaran besar pada awal bulan Oktober 1975 yang menghanguskan gedung SD yang baru selesai dibangun dan perumahan guru-guru dapat teratasi berkat kesediaan saling menolong antar sekolah dan yayasan setempat. Tetapi keberangkatan dan meninggalnya bruder-bruder yang dibutuhkan mulai mengancam kelanjutan komunitas.

 

Urutan kejadian yang sulit diperhitungkan oleh manusia akhirnya menyebabkan bahwa pada tanggal 14 Juni 1980 Yayasan beserta bangunan sekolah dan bruderan diserahkan kepada keuskupan Banjarmasin. Namun Br. Gaudentius masih tinggal sampai akhir tahun 1982 untuk membantu mengatur arsip keuskupan. (Dokumen Bruder MTB Pontianak).

Pada tahun 1990-2005 dikelola oleh Kongergasi SCMM (SD Santa Angela I,I).

Berikutnya sekolah ini dikelola oleh Marsudiwiyata yang disebut SD Marsudiwiyata I,II,III pada tahun 1990 – 2005. Rentang tahun ini jumlah sekolah ini berkurang menjadi dua dan semakin merosot dalam jumlah siswa dan sulit membayar gaji guru, maka Keuskupan Banjarmasin mencari kongregasi yang mau menagani karya tersebut dan Kongregasi SCMM terbuka menerima tawaran Keuskupan tersebut. Perkembangan Sekolah ini selanjutnya  dikelola oleh Kongregasi SCMM di bawah naungan Yayasan St. Maria Berbelaskasih perwakilan wilayah Timur, tahun 2005 – 2017 dengan nama SD Santa Angela I, II. Kongregasi SCMM mengembangkan karya dengan pemandirian Yayasan Wilayah Timur yang kemudian diberi nama Yayasan Anawim Banjarmasin. Pada bulan September 2017, Sekolah SD St. Angela I, II resmi bernaung dibawah Yayasan Anawim milik SCMM hingga saat ini. Sekolah telah melawati waktu hingga 90 tahun usianya, dan telah dilaluinya dengan berbagai proses.

Tema perayaan syukur 90 tahun SD Bruder I,II,II, SD Marsudi I,II,III dan Santa Angela I,II, yaitu, “TOGHETHER WE BUILD COOPERATION FOR THE BETTER LIFE” (BERSAMA-SAMA KITA MEMBANGUN KERJASAMA UNTUK KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK).

Penyambutan selamat datang dan pengalungan bunga Kepada Bapak uskup Victorius Dwiardy, OFM Cap Keuskupan banjarmasin dari Suster SCMM Komunitas St. Angela Banjarmasin dan Komunitas St. Agatha Banjarbaru beserta siswa SD-SMP Santa Angela Bajarmasin. merupakan Salah satu kegiatan  dalam rangka memperingati 90 Tahun SD Bruder I,II,III, SD Marsudi Wiyata I,II,III dan SD Santa Angela Banjarmasin, pada Sabtu (20/01/2024. Pengalungan ini berikan oleh Sr. Hilda Milla Ate, SCMM. Foto: KOMSOS Bajarmasin


Paduan suara gabungan dari Suster SCMM Komunitas St. Angela Banjarmasin dan Komunitas St. Agatha Banjarbaru beserta siswa SD-SMP Santa Angela Bajarmasin merupakan Salah satu kegiatan  dalam rangka memperingati 90 Tahun SD Bruder I,II,III, SD Marsudi Wiyata I,II,III dan SD Santa Angela Banjarmasin, pada Sabtu (20/01/2024). Koor ini dipimpin oleh Sr. Egidia Sni, SCMM dan organisnya yaitu bapak Silvianus Windhi Setiawan yang merupakan guru seni di SD-SMP Santa Angela.  Foto: KOMSOS Banjarmasin



Biarawan, Biarawati bersama umat, alumni, dan seluruh  siswa SD-SMP Santa Angela Bajarmasin mengikuti Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Bapak Uskup Victorius Dwiardy, OFM Cap dalam rangka memperingati 90 Tahun SD Bruder I,II,III, SD Marsudi Wiyata I,II,III dan SD Santa Angela Banjarmasin, pada Sabtu (20/01/2024). Foto: KOMSOS Banjarmasin





Foto bersama Biarawan, Biarawati, imam, alumni, orang tua siswa, dan seluruh siswa SD-SMP Santa Angela banjarmasin bersama  Bapak Uskup Victorius Dwiardy, OFM Cap  setelah misa syukur  90 Tahun SD Bruder I,II,III, SD Marsudi Wiyata I,II,III dan SD Santa Angela Banjarmasin, dilaksanakan di Restoran Lima Rasa, Banjarmasin,  pada Sabtu (20/01/2024). Foto: KOMSOS Banjarmasin


Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020. SCMM Provinsi Indonesia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting