Website Suster SCMM Maria Berbelas Kasih - Provinsi Indonesia

Kaul Perdana dan Pembaharuan Kaul Suster Yunior SCMM Tahun 2023

        Pada hari ini, Rabu, 31 Mei 2023, pada pesta St. Maria mengunjungi Elisabeth saudarinya, Kongregasi Suster SCMM Provinsi Indonesia secara serentak mengadakan pembaharuan kaul-kaul religius bagi 60 suster yunior dan penerimaan kaul perdana 10 suster novis II. Upacara pembaharuan kaul diadakan di tiga tempat yaitu 30 suster yunior membaharui kaul di Kapel Provinsialat SCMM St. Mikael dan St. Gabriel Sukadono – Medan, Sumatera Utara, 18 suster yunior membaharui kaul di Kapel Rumah Retret SCMM Sifalaete, Gunungsitoli-Nias, 7 suster yunior membaharui kaul di Gereja Katolik Bunda Maria Banjarbaru-Kalimantan Selatan, 3 suster yunior membaharui kaul di Kapel komunitas SCMM St. Agnes - Jakarta, dan 2 suster yunior membaharui kaul di Kapel Komunitas SCMM St. Markus Maumere-NTT.  

Perayaan ekaristi kaul perdana dilaksanakan di Kapel Novisiat SCMM Karangsari-Pematangsiantar yang dipimpin oleh P. Karolus Sembiring, OFMCap dan konselebran adalah P. Thomas Maduwu, OFMCap serta P. Fransiskus Situmorang, OFMCap.

Kesepuluh Suster yang mengikrarkan kaul perdana yaitu, Sr. Yustina Nilai Fau, SCMM, Sr. Minawati Ndruru, SCMM, Sr. Alexia Gowasa, SCMM, Sr. Riska Sinaga, SCMM, Sr. Rohayati Waruwu, SCMM, Sr. Anastasia A. Wolla, SCMM, Sr. Monika Simanjuntak, SCMM, Sr. Juliana Simanjuntak, SCMM, Sr. Robertha Ratna Zebua, SCMM, dan Sr. Natalia Riti, SCMM .

Upacara kaul perdana ini dihadiri langsung oleh Sr. Donata Manalu, SCMM sebagai Provinsial SCMM Provinsi Indonesia dan Sr. Teresa Seingo, SCMM sebagai anggota Dewan Pimpinan untuk menerima kaul perdana dan sekaligus membacakan SK perutusan para suster jubilaris.

Seluruh rangkaian acara kaul perdana disaksikan oleh Pastor pemimpin perayaan ekaristi, Sr. Flora Sihotang sebagai Pimpinan Komunitas St. Maria Karangsari dan Sr. Miranda Situmorang, SCMM sebagai staf Novisiat yang dipilih secara khusus untuk menjadi saksi acara kaul perdana ini.

Dalam khotbahnya, Pastor menekankan inti perutusan,  “Para Suster adalah agen-agen evangelis pewarta kabar gembira Kristus yang hidup dimanapun Suster diutus. Maka dimanapun berada hendaknya mengikuti langkah Kristus. Dimana Kristus melangkah disitulah Suster melangkah dan dimana jejak kaki Kristus disitulah langkahmu berpijak”.

Setelah misa kudus selesai, dilanjutkan acara ramah tamah, kata sambutan di ruang rekreasi novisiat, makan bersama dan rekreasi bersama. Turut hadir dalam acara kaul perdana ini Anggota Dewan Pimpinan Umum CMM dari Tilburg Fr. Paul Damen dan Fr. Richard yang kebetulan mengadakan visitasi di komunitas CMM Pematangsiantar, para Frater CMM di Komunitas Pematangsiantar dan para Frater Kapusin.

Salah satu  pesan disampaikan oleh Provinsial SCMM Indonesia Sr. Donata Manalu, SCMM dalam kata sambutannya:

"Para Suster telah menjawab YA untuk mengikrarkan kaul-kaul suci maka harus komitmen dengan janji itu. Suatu saat para suster akan menghadapi tantangan di komunitas. Jangan patah semangat, jangan merasa tidak didukung, dan jangan mengecewakan para pendampingmu selama di pembinaan yang telah berjasa membentuk dirimu menjadi suster SCMM”. Atas nama DPP SCMM Provinsi Indonesia, kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya pembaharuan kaul para Suster yunior dan ke-10 suster yang telah mengikrarkan kaul perdana. demikian disampaikan oleh Suster Provinsial diakhir kata sambutannya. 

Dok. foto pembaharuan kaul yunior di Kapel Provinsialat
Sukadono - Medan


Dok. foto pembaharuan kaul di Kapel Rumah Retret SCMM Sifalaete
Gunungsitoli - Nias




Dok. foto pembaharuan kaul di Kapel Komunitas St. Markus
Maumere - NTT


Dok. foto penyerahan cincin dan salib kongregasi kepada suster kaul perdana

Dok. foto bersama Pastor pemimpin perayaan ekaristi dan DPP
bersama para suster kaul perdana
di Kapel Novisiat SCMM 



Dok. foto pembaharuan kaul di Kapel komunitas St. Agnes
Jakarta


Dok. foto Pastor dengan para suster kaul perdana

Dok. foto penerimaan SK perutusan

Dok. foto penyerahan jubah baru oleh Suster Provinsial
kepada para suster kaul perdana

Dok. foto pembaharuan kaul yunior di Gereja St. Maria
Banjarbaru - Kalimantan Selatan

Dok. foto pembacaan rumusan kaul di Gereja St. Maria 
Banjarbaru - Kalimantan Selatan

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020. SCMM Provinsi Indonesia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting