Website Suster SCMM Maria Berbelas Kasih - Provinsi Indonesia

PEMBERKATAN DAN PERESMIAN BIARA SCMM ST. THOMAS RASUL MEDAN

                     PEMBERKATAN DAN PERESMIAN BIARA SCMM ST. THOMAS RASUL

Sungguh bahagia orang yang tinggal di rumah-Mu dan menyanyikan pujian bagi-Mu selalu (Mazmur 84:4)

Sabtu, 07 Januari 2023 pukul 09.00 WIB telah dilaksanakan pemberkatan dan peresmian Biara SCMM St. Thomas Rasul, di Tanjung Selamat, Medan yang diawali dengan acara seremonial penyambutan bapak Uskup, pengguntingan pita dan penyerahan kunci gedung biara oleh Tukang Pak Kriss Jaya kepada Suster Provinsial dan dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin langsung oleh Yang Mulia Bapak Uskup Keuskupan Agung Medan Mgr. Kornelius Sipayung sebagai Selebran Utama dan didampingi oleh 5 pastor sebagai konselebran. Para konselebran itu adalah RP. Setevanus Budi Saptono, OSC, RP. Maximus Manek, OSC, RP. Fiorentius Sipayung, OFMCap, RP. Romaldus Nairun, CMF,  dan RD. Gundo Saragih, PR. Perayaan ini dihadiri pula oleh DPP SCMM Provinsi Indonesia yaitu Sr. Donata Manalu, SCMM sebagai Provinsial, Sr. Teresa Seingo, SCMM (Anggota Dewan), Sr. Alfonsia Saing, SCMM (Anggota Dewan), Bapak/Ibu dari pemerintahan Kecamatan Medan Tuntungan dan kelurahan Tanjung Selamat, Pengurus Yayasan Santa Maria Berbelaskasih Sibolga, para Suster SCMM yang datang dari Pematangsiantar dan Medan, para suster dari kongregasi lain yang ada di sekitar Tanjung Selamat, umat warga gereja paroki Santa Maria Ratu Rosario, dan beberapa warga masyarakat yang berada di sekitar Biara St. Thomas Rasul, Tanjung Selamat.

Perayaan Ekaristi ini berlangsung dengan hikmat dan lancar dan dapat diikuti oleh semua Suster dan para undangan. Dalam homilinya Bapa Uskup menyampaikan dua hal. Yang pertama, kehadiran para Suster SCMM adalah berkat bagi semua orang. Hal ini dapat terjadi apabila para Suster SCMM dapat bekerja dengan sepenuh hati dalam pelayanan. Kedua, Belaskasih berawal rasa empati (empathos: kekosongan diri) dan kemudian mengambil tindakan entah berupa derma, pertolongan. Allah berempati kepada manusia dalam diri Yesus Kristus. Bukti Allah berempati kepada manusia adalah Ia mengutus Putra-Nya untuk menebus dan menyelamatkan manusia dengan kasih. Oleh karenanya, kita diundang untuk mengasihi setiap orang tanpa pamrih. Kita dipanggil untuk peka pada kebutuhan dan mengasihi siapa pun yang ada di sekitar kita sebagai saudara seturut teladan Bunda Maria Yang Berbelaskasih.

Ucapan rasa syukur kepada Tuhan dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik secara materi dan moril, bekerja sama dan bersinergi mewujudkan hadirnya Biara SCMM St. Thomas Rasul Tanjung Selamat menjadi awal dari kata sambutan yang diberikan oleh Sr. Donata Manalu, SCMM sebagai Provinsial SCMM. Di akhir kata sambutannya, beliau mengatakan bahwa semangat kerasulan Bapak Pendiri Mgr. Joannes Zwijsen menjadi warisan suci yang harus terus menerus dihidupi oleh para suster SCMM.

Setelah Perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan hiburan yang telah dipersiapkan oleh para Suster dan Para Novis SCMM.

Pengguntingan pita oleh Bapak Uskup Keuskupan Agung Medan
Mgr. Kornelius Sipayung

 

Tarian penyambutan Bapak Uskup
(Para penari guru-guru SMA St. Yoseph Medan)

 

Foto bersama Bapak Uskup sesudah perayaan ekaristi

Penyerahan kunci dan dokumen lainnya
oleh Bapak Uskup kepada Suster Provinsial SCMM

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020. SCMM Provinsi Indonesia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting