Website Suster SCMM Maria Berbelas Kasih - Provinsi Indonesia

HARI PROVINSI DAN RETRET TAHUNAN SUSTER SCMM

Kongregasi Suster SCMM memiliki kebiasaan baik yang diwariskan oleh Bapak Pendiri yakni menguduskan diri lewat doa-doa dan karya pelayanan. Doa-doa yang dimaksud adalah Doa Pribadi, Kunjungan Sakramen Maha Kudus, Meditasi,  Ibadat bersama Komunitas, Rosario, Perayaan Ekaristi, Rekoleksi Bulanan dan Retret Tahunan. Para Suster SCMM mempunyai hak yang sama untuk mengikuti doa-doa ini baik Suster Yunior, Medior, Senior dan Lansia karena doa merupakan bagian utama dalam hidup membiara, hal ini sangat ditekankan oleh Bapak Pendiri sebagaimana tertulis dalam Konstitusi SCMM Bab VIII Artikel 82: “Doa ialah bagi kita sebagai daging dan darah, sebagai nafas kehidupan kita, dan meresapi tindakan kita”. Artikel 86.a 15: “Disamping meditasi harian, kita harus menentukan dalam kehidupan pribadi kita dan juga dalam kehidupan komunitas saat-saat doa dan rekoleksi yang teratur, termasuk retret tahunan”.

Selain kebutuhan Rohani yang dipenuhi, juga kebutuhan terhadap karya pelayanan senantiasa mendapatkan perhatian serius dari para Suster SCMM yakni dengan mengadakan pertemuan bersama atau yang dikenal dengan istilah Hari Provinsi.

Hari Provinsi diadakan minimal satu kali dalam satu periode DPP. Dalam masa kepemimpinan DPP periode tahun 2022 – 2026 ini kegiatan Hari Provinsi dibuat dalam tiga gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan di Medan tanggal 16-17 November 2023. Sedangkan gelombang kedua dan ketiga rencana pelaksanaannya pada tahun 2024 nanti. Kegiatan Hari Provinsi gelombang pertama yang telah terlaksana diikuti oleh 73 peserta.

Pada kegiatan Hari Provinsi ini, Para Suster melaporkan situasi umum dan keadaan Para Suster SCMM Provinsi Indonesia dalam hal ini yang melaporkan adalah Suster Provinsial yakni Sr. Donata Manalu, SCMM sedangkan laporan perkembangan karya-karya yang melaporkan adalah Sr. Alfonsia Saing, SCMM sebagai Anggota DPP termasuk didalamnya melaporkan evaluasi terhadap kelemahan, kekuatan, peluang dan tantangan dalam karya pelayanan baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan pastoral. Laporan bagian Sekretariat dilaporkan oleh Sr. Teresa Seingo, SCMM sebagai Sekretaris DPP. Laporan Pembinaan SCMM dilaporkan oleh Sr. Blandina Zagoto, SCMM selaku Ketua Tim Pembina SCMM Provinsi Indonesia dan laporan posisi keuangan Kongregasi SCMM Provinsi Indonesia yang melaporkan adalah Ekonom Provinsi, Sr. Jeanetta Ginting, SCMM.

Kegiatan Hari Provinsi ini berlangsung selama dua hari dan dilanjutkan dengan Retret Tahunan tanggal 18 – 22 November 2023. Retret Tahunan merupakan kesempatan bagi Para Suster untuk mundur sejenak dari kesibukan karya, menimba semangat baru untuk maju dan berkembang dalam hidup religius.

Moderator sekaligus Narasumber Hari Provinsi dan Retret SCMM tahun 2023 ini adalah RD. Ando Harapan Gurning, Pr. Adapun tema Hari Provinsi dan Retret SCMM tahun 2023 adalah Perwujudan Karisma dan Spiritualitas Kongregasi SCMM Nampak Dalam Hidup SCMM yang Resiliensi.

Kegiatan retret berlangsung 5 hari ada doa dan mendalami spiritualitas Bapak Pendiri Mgr. Joannes Zwijsen. Sub-sub tema dikemas sangat menarik oleh Narasumber RD. Ando Harapan Gurning, Pr yang juga merupakan salah satu pengagum Spiritualitas Belaskasih Bapak Pendiri. Secara lebih mendalam beliau membagikan pengalaman hidupnya dan bersama dengan para Suster Peserta Retret menimba Spiritualitas Mgr. Joannes Zwijsen dalam doa bersama, misa, mendengarkan konferensi, sharing pengalaman dan pengakuan dosa.

Semoga Spiritualitas Bapak Pendiri yang didalami selama Hari Provinsi dan Retret ini menjadi kekuatan paling berharga bagi para Suster SCMM dalam mwujudkan karisma Kongregasi sesuai tema Hari Provinsi dan Retret: “Perwujudan Karisma dan Spiritualitas Kongregasi SCMM Nampak Dalam Hidup SCMM yang Resiliensi” untuk terus melangkah maju bersama Tuhan dalam karya pelayanan sehari-hari.

Dok. Doa Pembukaan Hari Provinsi

Dok. Mendengarkan Laporan

Dok. Mendengarkan Pleno

Dok. Ibadat pengendapan Spiritualitas Bapak Pendiri

Dok. Hari Provinsi

Foto bersama Romo dan Para Suster Peserta Hari Provinsi


Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020. SCMM Provinsi Indonesia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting