Website Suster SCMM Maria Berbelas Kasih - Provinsi Indonesia

Kaul Perdana dan Pembaharuan Kaul Suster Yunior SCMM

 

Kaul Perdana dan Pembaharuan Kaul Suster Yunior SCMM

Pada hari ini, Selasa, 31 Mei 2022, kongregasi Suster SCMM Provinsi Indonesia secara serentak mengadakan pembaharuan Kaul kebiaraan kepada para Suster yang berprofesi sementara dan pengikraran Kaul perdana untuk kedua belas Suster Novis tahun ke dua di pematang Siantar.

Upacara kaul perdana dilaksanakan di Kapel Novisiat Karangsari, sedangkan upacara pembaharuan kaul ke-53 suster yunior dilaksanakan di beberapa komunitas. Komunitas St. Markus Maumere, Komunitas St. Sesilia Yogyakarta, Komunitas St. Maria Karangsari, Komunitas Dorkas Tarutung, Komunitas Hati Kudus Sibolga, Komunitas St. Leo di Padang, dan Komunitas Postulat di Sifaelete Nias.

Acara kaul perdana ini dibuka dengan Misa kudus pukul 11.00 WIB oleh Pastor Paroki St. Fransiskus Asisi Jalan Medan P. Christian Lumbangaol, OFMCap dan pastor konselebran P. Teodorus Ruing, OCD serta dihadiri para Suster yang berkesempatan hadir dari komunitas.

Demikian pula halnya upacara pembaharuan kaul 53 orang suster yunior yang dilaksanakan di enam komunitas diawali dengan misa kudus oleh Pastor yang telah ditentukan Ibu komunitas masing-masing. 

Dalam misa kudus ini, acara kaul perdana dilaksanakan setelah Homili dari Pastor. Kedua belas Suster Jubilaris yaitu, Sr. Defilia Bu’ulolo, SCMM, Sr. Klaudia Novia Ade Nairo, SCMM, Sr. Evi Simarmata, SCMM, Sr. Maria Letsia Sebhi, SCMM, Sr. Angela Tawa Diwa, SCMM, Sr. Maria Oktaviana Witu Diwa, SCMM, Sr. Maria Bernadete Baok, SCMM, Sr. Florentina Anna M. Waruwu, SCMM, Sr. Veronika Sinaga, SCMM, Sr. Moina Manalu, SCMM, Sr. Amelia Sinurat, SCMM, dan Sr. Flora Indah Nini Kandi, SCMM. Upacara kaul perdana ini dihadiri langsung oleh Suster Blandina Zagoto, SCMM sebagai Provinsial SCMM Provinsi Indonesia untuk menerima janji sumpah perdana dan sekaligus memberikan arahan dan bimbingan tentang keutamaan seorang religius dalam penghayatan ketiga kaul yakni, Ketaatan, Kemurnian, dan Kemiskinan.

Semua acara ini disaksikan oleh Pastor pemimpin misa dan Sr. Flora Sihotang sebagai Pimpinan Komunitas St. Maria Karangsari yang dipilih secara khusus untuk menjadi Saksi. Acara kaul perdana ini diakhiri dengan penyerahan diri kepada bunda Maria yang Berbelaskasih dan berkat Khusus dari Pastor.

Setelah misa kudus selesai, dilanjutkan acara ramah tamah, kata sambutan di ruang rekreasi novisiat, setelah itu makan siang dan rekreasi bersama.

Salah satu ucapan selamat disampaikan oleh Provinsial SCMM Sr. Blandina Zagoto Indonesia:

"Proficiat untuk keduabelas Suster yang mengikrarkan kaul perdana dan ke 53 Suster yunior di seluruh Indonesia yang membaharui kaul-kaul religius. Atas nama DPP SCMM Provinsi Indonesia, kami menyampaikan banyak Terima kasih atas dukungan doa para Suster dan komunitas penyelenggara misa pembaharuan kaul demi terlaksananya pembaharuan kaul para Suster yunior dan ke-12 suster yang telah mengikrarkan kaul perdana. Teruslah  berjuang menjadi Suster SCMM yang sejati, menghidupi semangat belaskasih dimanapun diutus.


Dok: kedua belas Suster Jubilaris yang kaul perdana







Suster pembaharuan kaul di komunitas St. Markus Maumere

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020. SCMM Provinsi Indonesia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting